Hand Feeding


Hand Feding disini saya artikan seni merawat anakan. Mulai dari menetas hingga anakan dapat makan sendiri.
Banyak hal yang perlu disiapkan dalam melakukan hand feeding, mulai dari peralatan, formula pakan dan pastinya pengetahuan. Sedikit bocoran, pertama kali saya melakukan Hand Feeding ini saya mengalami kegagalan hingga 4 baby yang saya rawat mati.hehehehe.
Oke. Kita masuk ke persiapan pertama.

Kesiapan diri sendiri.
Lha…? Katanya mo ngerawat anak burung, kok yang dibahas masalah diri sendiri to om..?
Sabar mas bro, baca terus dulu.
Perlu diketahui bersama, sebelum memutuskan hand feeding kita harus mengetahui kesiapan diri kita untuk melakukuannya, karna dalam melakukan hand feeding dutuh tekekunan dan kedisiplinan (jiah kaya kuliah aja pake tekun ama disiplin). Yoi, karana dalam pemberian makan untuk si baby tidak hanya memerlukan 1 ato 2 kali sehari. Apalagi yang masih sangat muda usianya, seperti halnya disaat kita melakukan Hand Feeding untuk baby berusia 0-4 hari kita perlu memberikan makanan setiap 2 jam sekali, nah loe g bisa ke mall, ke bioskop, jadwal pacaran juga terbatas.
Lanjut..
Sekarang tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda sudah siap untuk itu?
Jika anda telah siap kita bisa lanjut ke bahasan selanjutnya.
Tetapi jika anda orang super sibuk dengan kegiatan yang tidak bias anda tinggalkan, saran saya “ya tinggalkanlah urusan/kegiatan itu”
Lho…? Piye to om iki?
Lha katanya mo serius, lagian anda juga uda terlanjur niat belajar, lha ini buktinya anda meneruskan membaca.

Tempat untuk baby.
Yang saya maksud tempat untuk baby disini adalah tempat kita membesarkan baby.
Ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Yang pertama bersih yang ke dua suhu ideal. (katanya banyak om, lha itu Cuma 2 tok. Huft…).
Hehehehe… piss..
Kebersihan merupakan suatu syarat mutlak, ya kita tau lah klo g bersih tar banyak kuman dan bakteri, bisa2 kuman dan bakteri memakan baby2 kita. (ah yang bener aja anakan burung dimakan kuman dan bakteri, segede apa tuh kuman dan bakteri)
Suhu yang ideal diperlukan biar si baby g kedinginan.
Ne yang suhu saya terapkan pada baby2 saya.

Umur baby
Suhu (Celcius aja ya)
1-5 hari
34 - 35,5
6-9 hari
33,5 - 35
10-14 hari
32,5 - 33,5
15-21 hari
30 - 32
22-28 hari
27 – 29,5
29-35 hari
24,5 – 26,5
36 hari & penyapihan
21,5 - 23,5

Busyet rangenya min dan max suhunya kecil2 amat ya. Emang bisa om nerapin teori om itu…?
 Yaps, ini adalah patokan ideal yang saya dapatkan dari banyak guru diluar negri sono (kaya uda pernah ke luar negri aja ne om). Sebisa mungkin saya menjalankan amanah mereka, saya kan pake thermostat buat ngontrol panas yang keluar dari bolam 5 watt yang saya gunakan.hehehehe
Curang ne si om. Huft

Formula Pakan:
Ini intinya. Jarang sekali ada yang mau mengatakan tentang formula pakan yang diberikan, takut kalah saingan kali ya…

Ilmu tu dibagi, mati juga g dibawa. Emang malaikat mo nanyain masalah formula hand feeding.

Lanjut besok ya.. mo nonton transformesr ne, mumpung dapat pinjeman DVD bajakannya

No comments:

Post a Comment